Thursday, March 31, 2011

Pasca Kisruh PSSI: Bagaimana Nasib Klub dan Timnas Indonesia?


Andi Malarangeng dan Rita Subowo
Setelah pemerintah mencabut pengakuan terhadap PSSI di bawah Nurdin Halid, serta mencabut segala aliran dana dana aset negara yang dititipkan untuk operasional PSSI, kita semua mungkin sedang menunggu reaksi dari FIFA. Jika FIFA menilai pemerintah terlalu turut campur dalam urusan PSSI sebagai FA-nya Indonesia, sanksi terberat yang mungkin dapat dijatuhkan FIFA adalah pembekuan PSSI termasuk pelarangan aktivitas timnas maupun klub dalam semua kompetisi sepak bola internasional. Saat ini Arema Malang tengah bertarung di Liga Champion Asia, Sriwijaya FC dan Persipura sedang berjuang di Piala AFC, dan November 2011 nanti Indonesia akan menjadi tuan rumah SEA Games dan sedang mempersiapkan tim U 23 untuk bertanding. Bagaimana nasib klub dan timnas setelah kisruh PSSI ini?

Tindakan yang diambil Menpora Andi Malarangeng sebagai sikap pemerintah yang tidak mengakui lagi PSSI di bawah Nurdin Halid sebagai induk organisasi sepakbola di Indonesia tentu harus melewati pertimbangan yang matang. Meskipun dasar dari kebijakan yang diambil adalah kepentingan nasional, bahwa PSSI tak berprestasi, gagal mengendalikan organisasi kemudian juga gagal melaksanakan amanat FIFA untuk menyelenggarakan kongres, Kemenpora harus juga mempertimbangkan reaksi yang diberikan induk organisasi sepakbola dunia FIFA yang juga memiliki kewenangan terhadap PSSI sebagai salah satu anggotanya. Walaupun tindakan pemerintah ini banyak mendapat dukungan dari dalam negeri karena dinilai dengan tegas menindak rezim Nurdin Halid yang tidak becus mengurus PSSI dan tidak prestatif, pemerintah harus juga telah memastikan tindakannya juga mendapat dukungan luar negeri (maksudnya federasi sepakbola di atasnya seperti FIFA dan AFC) sehingga tidak merugikan Indonesia di ajang internasional.
Jika sanksi pelarangan bertanding dalam pertandingan internasional dijatuhkan, maka bisa saja Arema Malang yang sedang bertanding di Liga Champions Asia akan dicoret dari daftar kompetisi, Sriwijaya FC dan Persipura yang berlaga di Piala AFC akan dipulangkan sebelum pertandingan selesai dan yang paling pahit...Indonesia akan menjadi tuan rumah SEA Games yang tidak boleh menurunkan timnas sepakbola U-23 karena terkena sanksi FIFA.

No comments:

Post a Comment