Monday, December 20, 2010

De Javu: Sekali Lagi, Gol Tunggal El Locco Menangkan Indonesia atas Filipina

El Locco, mencium Garuda

Crhristian Gonzalez, pemain naturalisasi yang dijuluki El Locco (si gila) kembali menunjukkan kegilaannya dalam laga leg ke 2 tim merah putih Indonesia vs tim biru Filipina. De javu gol tunggal El Locco ke gawang Filipina di menit pertama terjadi lagi, bedanya, kali ini lewat tendangan. Gol ini kembali memenangkan Indonesia dan menjadi tiket Indonesia ke final AFF 2010.
Pertandingan leg terakhir semifinal ini cukup keras. Wasit mengobral kartu kuning, bahkan 1 kartu mera diberikan kepada seorang pemain Filipina yang melanggar kiper timnas, Markus, sehingga ia mendapat kartu kuning kedua dan diusir ke luar lapangan. Bermain dengan 10 orang, Filipina semakin sulit mengejar ketertinggalan. Ketegangan sempat terjadi antara pemain-pemain Filipina dengan pemain Indonesia, terpancing emosi dua pemain timnas juga diganjar kartu kuning oleh wasit dalam ketegangan tersebut.
Impian Indonesia untuk maju sebagai finalis AFF 2010 akhirnya menjadi kenyataan. Setelah menyapu bersih kemenangan di fase grup, Indonesia juga menyapu bersih kemenangan di dua leg semifinal kontra Filipina. Dengan ini, artinya Indonesia belum mengalami kekalahan satu pun dalam semua laga yang dilaluinya, skor seri pun tidak.
Di final Indonesia akan kembali bertemu dengan Malaysia. Malaysia berhasil memenangkan pertandingan semifinal dengan Vietnam. Indonesia sempat mengalahkan Malaysia dengan skot telak 5-1 dalam penyisihan fase grup. Namun, pertandingan final dengan Malaysia mungkin tak akan sama, Alfred Riedl dan laskar garuda tak bisa meremehkan mereka, karena Harimau Malaya ini telah banyak berkembang banyak sejak laga terakhir. Semoga kali ini, timnas bisa mempersembahkan trofi AFF kepada bangsa Indonesia, untuk pertama kalinya.

2 comments:

  1. Kata2 naturalisasi pada kedua pemain anyar timnas Indonesia itu tidak tepat.
    Karena :
    1.Irfan Bachdim adalah WNI yang lahir, besar dan bertempat tinggal di Belanda.

    2. Cristian Gonzales adalah WNI dengan prosedur umum yang dipercepat. Telah bertempat tinggal di Indonesia sejak 2003 dan menikahi wanita WNI, dan PSSI membantu percepatan proses alih kewarganegaraan.

    CMIIW

    ReplyDelete
  2. ehm...untuk irfan bachdim memang...ia adalah WNI keturunan, di Indonesia juga banyak WNI keturunan Cina, Arab dan India, dan mereka semua adalah WNI.
    Tapi, untuk El Locco, bagaimanapun awalnya adalah WN Uruguay, walaupun menikah dengan WNI, tapi permohonannya menjadi WNI baru-baru ini saja selesai (mungkin karena PSSI lagi butuh juga kali ya...), btw...Christian tampak nasionalis sekali lho...

    ReplyDelete