Saturday, December 18, 2010

Leg 1 kontra Filipina: Gol Tunggal El Locco Selamatkan Indonesia dari Kekalahan


Pertandingan leg pertama semifinal piala AFF antara Indonesia melawan Filipina berakhir dengan kemenangan tipis Indonesia atas Filipina 1-0. Gol tunggal tersebut dicetak oleh pemain naturalisasi Indonesia Christian "El Locco" Gonzalez di menit babak pertama. Gol semata wayang tersebut tercipta lewat sundulan kepala el Locco dengan memanfaatkan kesalahan penjaga gawang dan barisan pertahanan Filipina.


Indonesia Bermain Menyerang
Dalam pertandingan semifinal kontra Filipina ini, tim merah putih bermain seperti yang dijanjikan Alfred Riedl, bermain menyerang. Namun, banyak peluang yang didapat squad garuda gagal dikonversi menjadi gol. Kondisi ini membawa Indonesia menang hanya dengan skor tipis. Filipina juga cukup gencar melakukan serangan balik. Tim yang mendadak menjadi kuda hitam dalam AFF kali ini dengan komposisi 9 pemain naturalisasi beberapa kali masuk dalam kotak penalti Indonesia namun tak berhasil mencetak satu gol pun.

Di babak kedua, Bambang Pamungkas masuk menggantikan Irfan Bachdim. Permainan Indonesia yang banyak menyerang lewat umpan-umpan panjang dari sektor sayap dalam pertandingan ini memang pas buat Bepe yang mahir menggunakan kepalanya, namun pemain Filipina yang memiliki ketinggian rata-rata di atas pemain Indonesia tetap fokus menghalau serangan demi serangan Indonesia dengan baik. Bepe dan Gonzalez masing-masing sempat mendapat satu peluang lewat umpan terobosan di babak kedua, yang membuat striker merah putih berhadap-hadapan langsung dengan penjaga gawang Filipina, namun gagal dikonversi menjadi gol karena kalah akselerasi dengan bek dan penjaga gawang Filipina.

Markus Melakukan Blunder
Menjelang akhir pertandingan, penjaga gawang timnas merah putih, Markus Haris Maulana, sempat melakukan blunder karena tidak berkomunikasi baik dengan Maman dan meninggalkan gawang kosong saat bola liar berhasil dikuasai striker Filipina. Beruntung squad merah putih masih sempat menyelamatkan gawang lewat sundulan walaupun itu berarti sepak pojok bagi timnas Filipina. Muhammad Ridwan yang sangat kesal dengan ulah Markus tersebut sempat mendorong kepala Markus, saking kesalnya. Namun kesucian gawang Markus masih terjaga.

SBY ikut nonton
sesuai dengan janjinya saat mengunjungi timnas di sesi latihan, Presiden SBY dan Ibu Negara menjadi supporter timnas dalam pertandingan leg 1 semifinal Indonesia vs Filipina ini. Bahkan Ibu Ani Yudhoyono sempat melompat kegirangan saat gol pertama dilesakkan ke gawang Filipina. Riuh rendah supporter mencapai puncaknya ketiga 3 menit tambahan tidak mampu dimanfaatkan Filipina untuk menyamakan kedudukan. Hasil akhir 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

No comments:

Post a Comment