Thursday, January 27, 2011

"Ratu Suap" Ayin Bebas Hari Ini?

Ratu Suap Artalyta "Ayin" Suryani


Artalyta Suryani, atau lebih akrab disapa Ayin, sang Ratu Suap yang sempat menghebohkan dunia penegakan hukum Indonesia akan bebas hari ini. Jika itu terjadi, maka Ayin hanya menangani masa tahanan 2 bulan 10 hari. Masa ini jauh lebih kecil dari sanksi yang dikenakan padanya, 5 tahun.


Ayin bisa dikata banyak mengalami keberuntungan selama masa tahanan. Masa hukumannya selama 5 tahun sempat dikurangi melalui mekanisme pengadilan sehingga menjadi hanya 4 setengah tahun saja. Selain itu, Ayin juga sempat mendapat dua kali remisi. Ayin kembali heboh ketika kasus sel mewah menimpa dirinya. Saat itu satgas mafia hukum melakukan inspeksi mendadak dan mendapati Ayin tinggal dalam sel mewah di rutan Pondok Bambu. Hal ini sangat melecehkan dunia penegakan hukum dan melukai rasa keadilan masyarakat. Namun kasus ini berhenti hanya pada pemecatan petugas rutan. Kasus ini juga menjadi penghalang Ayin ketika ia mendapatkan remisi hari Kemerdekaan. Remisi itu batal diterima Ayin karena pertimbangan kasus sel mewah.
Sepertinya vonis pengadilan dan perangkat penegak hukum tak mampu mengubah sikap para penjahat dan membuat mereka bertobat selama hukuman. Bukan tak mungkin, hukuman yang jauh dari efek jera ini akan membuat Ayin tetap menyuap seperti sebelumnya, kasus yang sama masih dapat terulang lagi oleh pelaku yang sama. Kita lihat saja.

No comments:

Post a Comment