Saturday, April 2, 2011

Banjir Medan, 12 Kecamatan Tenggelam

Evakuasi Korban Banjir Medan

Curah hujan yang tinggi di kota Medan dan sekitarnya, meluapnya sungai Deli dan Babura ditambah banjir kiriman dari daerah tinggi seperti kabupaten Karo plus drainase yang buruk di ibukota Sumatera Utara ini mebuahkan banjir besar yang merendam 12 kecamatan di kota Medan. Banjir juga terjadi di kabupaten Deli Serdang, Langkat dan Kota Binjai. Jalur transportasi menuju Sumatera Utara dari Aceh sempat terputus.
12 kecamatan di Medan yang terendam banjir dengan kedalaman bervariasi tersebut adalah kecamatan Medan Tuntungan, Medan Selayang, Medan Polonia, Medan Baru, Medan Petisah, Medan Johor, Medan Barat, Medan Helvetia, Medan Maimun, Medan Labuhan, Medan Belawan dan Medan Marelan. Bahkan bandara Internasional Polonia juga terendam banjir, terutama di area pengisian bahan bakar pesawat. Namun, banjir tidak mengganggu jadwal penerbangan karena runway selamat dari genangan banjir dan masih dapat digunakan.

Bandara Polonia Tergenang
Banjir memang tak pandang bulu. Kawasan elit di Jalan Sudirman juga di genangi banjir. Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara dan Pangdam I Bukit Barisan turut terendam. Daerah yang cukup parah terendam banjir adalah daerah Simalingkar. Di Perumnas Simalingkar, ketinggian air mencapai atap rumah warga. Data dari Dinas Pendidikan Kota Medan, tercatat 43 unit gedung SD, SMP, SMA dan SMK terendam banjir.
Di luar kota Medan, Deli Serdang, Langkat dan Binjai juga banjir. Di Deli Serdang, 2.246 rumah warga terendam di 11 desa.

No comments:

Post a Comment