Thursday, September 8, 2011

Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia : Kepak Garuda Semakin Berat


Grup Peserta Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, Indonesia Tergabung dalam Grup E Bersama Iran, Qatar dan Bahrain
Pasca kekalahan 0-2 dari Bahrain di kandang sendiri timnas Indonesia tak bergeming dari posisi dasar klasemen sementara grup E kualifikasi Piala DUnia Zona Asia. Pada saat yang sama Qatar membuat kejutan dengan menahan imbang Iran 1-1. Jika di evaluasi secara menyeluruh untuk semua grup di Zona Asia, perolehan Indonesia adalah y
ang paling jelek dari juru junci-juru kunci grup lainnya karena hanya dalam dua pertandingan Indonesia telah kebobolan 5 gol tanpa memasukkan 1 pun, selisih gol kita -5.
Berikut klasemen sementara Grup E hingga Selasa, 6 September 2011 (peringkat | tim | main | menang | seri | kalah | masuk | bobol | selisih gol | poin).
1 Iran 2 1 1 0 4 1 3 4
2 Bahrain 2 1 1 0 2 0 2 4
3 Qatar 2 0 2 0 1 1 0 2
4 Indonesia 2 0 0 2 0 5 -5 0
Dengan melihat peringkat tim-tim yang tergabung dalam grup E memang Indonesia adalah tim dengan peringkat terendah di banding Iran, Bahrain maupun Qatar. Berdasarkan peringkat terakhir FIFA yang di rilis 24 Agutus 2011, Iran adalah tim terkuat ke 4 di Asia dan ke 53 di dunia, Qatar terkuat ke 8 di Asia dan ke 88 di dunia, dan Bahrain adalah tim terkuat ke 12 di Asia dan peringkat 101 dunia. Indonesia ada di peringkat ke 20 Asia dan ke 131 dunia.

Logika memandang bahwa lawan-lawan Indonesia di Grup E lebih kuat berdasarkan peringkat ini memang ada benarnya. Indonesia dalam laga di grup maupun laga persiapan sebelumnya selalu kalah dari tim yang peringkatnya lebih baik dan hanya mampu menang dari tim yang peringkatnya lebih rendah dari Indonesia(tanpa memandang laga tandang atau kandang). Indonesia menang agregat melawan Turkmenistan (1-1,4-3 agregat 5-4) yang berada di peringkat 24 Asia dan 142 dunia. Indonesia menang lagi melawan Palestina dengan skor 4-1. Palestina hanya tim peringkat 28 asia dan 157 dunia. Namun laga-laga selanjutnya dengan tim dengan peringkat lebih tinggi Indonesia dikalahkan Yordania, peringkat 9 asia dan 92 dunia (walaupun banyak yang mengatakan pertandingan sebenarnya imbang dan gol Yordania hanya keberuntungan) dengan skor tipis 1-0. Di laga pertama grup E Indonesia dipermalukan Iran (peringkat 4 asia, 53 dunia) 3-0, masih dipecundangi lagi oleh Bahrain (peringkat 12 asia dan 101 dunia) di kandang dengan skor 2-0.

Kepak garuda untuk menembus kualifikasi piala dunia zona asia memang semakin berat. Dengan kondisi tak pernah menang, plus tak pernah memasukkan bola ke gawang lawan tapi telah kebobolan 5 gol hanya dalam dua pertandingan pertama tentu mempertipis harapan lolos kualifikasi. Tapi bola itu bundar, segala kemungkinan bisa terjadi dalam sepak bola. Dan kita juga berharap, logika peringkat FIFA yang lebih tinggi selalu menang dari yang lebih rendah tidak berlaku dalam laga kontra Qatar 11 Oktober nanti.

laga-laga terakhir timnas:
Turkmenistan vs Indonesia : 1-1
Indonesia vs Turkmenistan : 4-3
Indonesia vs Palestina : 4-1
Yordanisa vs Indonesia : 1-0
Iran vs Indonesia : 3-0
Indonesia vs Bahrain : 0-2

sumber gambar: profetikleadership.files.wordpress.com

No comments:

Post a Comment