Thursday, October 28, 2010

Di Balik Gempa dan Tsunami Mentawai


Gempa terjadi lagi, dan mengakibatkan tsunami. Kali ini di Mentawai, sumatera Barat. Gempa bumi berkekuatan 7,2 SR mengguncang wilayah wilayah barat sumatera dan itu dan terasa hingga ke pulau singapura. Guncangan itu memicu tsunami setinggi 7 meter (newsticker tvone, 27 Oktober 2010) dan menyapu sepuluh desa.
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno merilis data sementara korban bencana gempa dan tsunami mentawai, 112 korban tewas, 502 korban hilang dan 4000 KK mengungsi. Data rincian korban gempa dan tsunami mentawai tersebut dapat diakses di sini.
Gempa-gempa susulan masih terus terjadi. Gempa terus terjadi sejak Senin dan BMKG mencatat gempa terakhir terjadi pukul 18.33 WIB di 42 km sebelah selatan Sipura, Mentawai, Sumbar. Gempa yang cukup besar bersakala 5,4 SR di kedalaman 13 km (2,59 LS dan 99,65 BT) dan gempa yang lebih besar (data skala gempanya belum saya dapatkan) terjadi pukul 17.51 WIB. BMKG sempat mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa berkekuatan 7,2 SR, namun kemudian peringatan ini dicabut. Tak lama kemudian ternyata tsunami benar-benar datang.
Operasi tanggap darurat pasca bencana mengalami kendala terutama kendala cuaca. Ombak laut diberitakan cukup besar sejak beberapa hari sebelum gempa (22 Oktober hingga informasi terakhir siang hari 27 Oktober) dan menahan pengiriman bantuan ke mentawai, namun persiapan pengiriman bantuan dan relawan terus dilakukan.
Terkadang kita tak bisa diingatkan dengan cara yang lembut, sehingga Allah mengingatkan kita dengan cara yang lain. Berbagai bencana selama ini selalu memberikan hikmah rekonsiliasi nasional dan pengingat bagi para pendosa yang masih memiliki kesempatan untuk bertobat agar segera memanfaatkan kesempatan yang dimilikinya. KOndisi geologi Indonesia memang membuat negeri ini rawan gempa, namun itu juga berarti bahwa Allah Maha Tahu bahwa kita adalah bangsa yang kuat dan mampu melalui semua cobaan berat ini, karena Allah tidak menguji suatu kaum kecuali dengan ujian yang mampu dipikul oleh kaum yang diujinya.

sumber-sumber:
Inilah Korban Sementara Tsunami Mentawai
Gempa di Mentawai Belum Berhenti
Berita-berita dan telepon interaktif tvone tentang tsunami mentawai tgl 26 dan 27 Oktober 2010

1 comment: