Wednesday, October 27, 2010

Ledakan Korupsi Kepala Daerah


Masih panjang jalan pemberantasan korupsi di negeri ini. Korupsi tidak terjadi hanya di level elit pusat, namun lebih parah lagi di daerah-daerah.

Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi penyelenggaraan pemerintahan di tingkat daerah. Jabir AlFaruqi, aktivis KP2KKN Jawa Tengah menyampaikan angka yang fantastis dalam wacana suara merdeka (21/10/2010), 17 dari 33 gubernur (lebih dari setengah) menjadi tersangka korupsi. 150 dari 497 bupati dan walikota se-Indonesia menjadi tersangka korupsi. Entah bercanda atau benar-benar serius, Jabir mengusulkan "prestasi" ini dicatat dalam rekor MURI sebagai salah satu cerminan dinamika bangsa kita dala proses berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Angka yang sedikit lebih kecil dirilis ICW, 25 Oktober 2010, tercatat 147 kepala daerah terlibat korupsi. Rinciannya, 18 gubernur, 17 walikota, 84 bupati, 1 wakil gubernur, 19 wakil bupati dan 8 wakil walikota, dengan estimasi kerugian negara mencapai Rp 4.814.248.597.729 (hampir mencapai 5T !!!)

Presiden boleh berkali-kali mencanangkan perang melawan korupsi, namun rakyat kecil yang makin terhimpit tidak menunggu wacana-wacana baru yang indah-indah dari pemerintah. Justru semua retorika itu akan cempreng dan terdengar seperti bunyi tong kosong, apalagi setelah beberapa kepala daerah dari partai pemerintah, partai Demokrat, turut begabung dalam parade kepala daerah terjerat kasus korupsi, sebut saja Gubernur Bengkulu : Agusrin Najamudin, Walikota Semarang : Sukawi Sutarip, Walikota Bukit Tinggi : Djufri, Bupati Situbondo : Ismunarso, Wakil Bupati Tana Toraja : Andrias Palino Popang, Bupati Pamekasan : Ahmad Syafii, BUpati Lampung Timur : Satono. (Jika saya punya data semua kada yang terjerat kasus korupsi, ingin rasanya memberikan hukuman sosial kepada mereka semua dengan mencantumkan nama-namanya di blog ini. Bagi teman-teman yang punya data-data tersebut mohon bagi juga ke saya). Lebih pedas lagi, ICW menyebut Demokrat Lindungi Kepala Daerah Korupsi (lihat di sini).

Pemerintah dan rakyat harus melakukan sesuatu, jangan malah berkata "so what?"

Sumber-sumber:
Booming Korupsi Kepala Daerah
ICW: Demokrat Lindungi Kepala Daerah Korupsi
Daftar Kepala Daerah Asal Partai Demokrat yang Terjerat Korupsi

No comments:

Post a Comment