Friday, May 27, 2011

Piala Sudirman: Jadi Juara Grup B, Indonesia Bersiap Melawan Jepang

Fran/Pia penentu lolosnya Indonesia ke 8 besar
Sepakbola tanah air memang tengah berduka dengan gagalnya kongres PSSI yang baru saja terjadi, namun Indonesia masih memiliki harapan akan prestasi olahraga internasional di cabang Bulutangkis, dengan lolosnya Indonesia dalam 8 besar piala Sudirman di Qingdao, China. Indonesia keluar sebagai juara grup.
Posisi sebagai juara grup ini digapai dengan susah payah setelah menaklukkan Malaysia 3-2. Kemenangan Indonesia ditentukan oleh permainan pasangan ganda campuran Fran Kurniawan/Pia Zebiadah. Walaupun demikian Malaysia sebagai runner up grup B tetap melaju ke putaran selanjutnya dalam babak 8 besar. Selain Indonesia dan Malaysia, negara lainnya yang lolos ke babak 8 besar adalah China, Taiwan, India, Jepang dan Denmark dan Korea Selatan.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Jepang. Indonesia tampaknya akan menggunakan strategi yang berbeda untuk menundukkan Jepang. Pebulutangkis Jepang dinilai memiliki kekuatan yang lebih merata dibandingkan Malaysia. Berikut ini adalah babak perempat atau 8 besar final Piala Sudirman 2011.
Skema Pertandingan Babak Delapan Besar Piala Sudirman
Indonesia pernah merajai Piala Sudirman beberapa kali. Namun, kemudian China mengambil alih. China juga mengambil alih Piala Thomas dan Uber yang biasanya menjadi langganana Indonesia. Berikut adalah data penyelenggaraan Piala Sudirman sebelumnya.
Pelaksanaan Piala Sudirman sejak 1989-2011
Indonesia tentu punya kans untuk mengembalikan Piala Sudirman yang terinspirasi dari salah seorang tokoh Bulutangkis nasional, ke pangkuan Indonesia.

sumber data dan gambar :
tempointeraktif.com
olahraga.kompasiana.com 

No comments:

Post a Comment